Article Detail

Tingkatkan Pencapaian KD Menelaah Tembang Gambuh, SMP Tarakanita Magelang Hadirkan Narasumber

Magelang, SMP Tarakanita. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai Kompetensi Dasar (KD) Menelaah teks piwulang Serat Wulangreh Pupuh Gambuh, SMP Tarakanita Magelang mengundang narasumber dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas VIII, Selasa pekan ini (13/10/2020). Narasumber yang diundang pada kegiatan tersebut adalah Bpk.Sih Agung Prasetya, dalang dan seniman Komunitas Lima Gunung. Dalam sambutan pembukaannya Kepala SMP Tarakanita Magelang, Ibu Sri Rahayu, menyampaikan pentingnya belajar tembang sebagai sarana generasi muda untuk mencintai dan melestarikan budaya bangsa.


Ibu Monica Presi Suwastina, salah seorang pengampu Mata pelajaran Bahasa Jawa, menyampaikan rasa senangnya bisa mengundang narasumber yang berkompeten di bidangnya. “Senang rasanya bisa mengundang narasumber yang kompeten di bidangnya. Selain itu, bisa sekaligus menambah wawasan tentang materi pelajaran bagi saya,” ungkapnya. Hal serupa juga diungkapkan oleh salah seorang siswa, Sesilia Elen Artanti. “Saya sangat senang mengikuti PJJ Bahasa Jawa ini karena saya lumayan suka di bidang tembang. Narasumbernya sangat seru dan suka bercanda. Melalui pembelajaran ini saya jadi lebih tahu tentang cara nembang dan makna yang terkandung di dalamnya,” jelasnya.

Dengan dipandu host Bpk Joko Purwanto, S.Pd., M.pd, yang juga merupakan salah seorang pengampu Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas VIII, PJJ yang diikuti oleh seluruh siswa kelas VIII tersebut berlangsung menarik. Hal itu tampak dari antusiasisme para siswa dalam mengikuti PJJ tersebut. Pada kesempatan tersebut tercatat ada empat siswa yang dengan percaya diri menanggapi tawaran narasumber untuk nembang Gambuh, yaitu Elen, Dita, Natalia, dan Valent. Menariknya narasumber dan host pada PJJ kali ini sama-sama mengenakan beskap, pakaian adat Jawa. Kegiatan tersebut bisa berjalan dengan baik berkat dukungan penuh dari tim IT SMP Tarakanita Magelang.(ed)

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment