Visi Misi dan Value

Visi Misi dan Value

Visi SMP Tarakanita Magelang
 
Yayasan Tarakanita, sebagai Yayasan Pendidikan Katolik yang dijiwai oleh semangat Kongregasi Suster-Suster Cinta Kasih St. Carolus Borromeus, bercita-cita menjadi penyelenggara karya pelayanan pendidikan yang dilandasi semangat cinta kasih dengan menekankan terbentuknya manusia dengan kepribadian yang utuh  yang cerdas, berkompeten, beriman, berdaya juang,berbelarasa kepada sesama dan berwawasan kebangsaan serta  peduli terhadap  lingkungan alam ciptaanNya

Misi SMP Tarakanita Magelang

Dalam mewujudkan Visi tersebut Yayasan Tarakanita memiliki misi sebagai berikut :
1. Ambil bagian dalam misi   pendidikan Gereja Katolik.
2. Menciptakan iklim religius dan suasana kasih yang  membawa  manusia pada sikap beriman,
    berbakti, dan memuliakan Allah, serta hidupnya digerakkan oleh kasih Allah yang berbelarasa 
    terhadap sesama
3. Menciptakan iklim yang  kondusif  guna terselenggaranya proses pembelajaran yang
    menyenangkan,aktif, kreatif,  inovatif.
4. Mengupayakan terselenggaranya  pendidikan  religiositas dan  pendidikan nilai yang membantu
    peserta didik mengembangkan watak  yang baik, sikap jujur, adil dan budi pekerti yang  luhur.
5. Mengupayakan pencapaian dan peningkatan  keunggulan   akademik,  kualitas pembelajaran
    serta pelatihan peserta  didik  sehingga menjadi pribadi yang cerdas, mandiri, kreatif dan 
    terampil
6. Mengupayakan  dan menjalankan fungsi integrasi bangsa dengan ikut memerangi berbagai
    bentuk diskriminasi sosial dan menciptakan iklim yang mengembangkan semangat 
    persaudaraan  sejati dalam masyarakat yang majemuk.
7. Ikut serta mengembangkan penghargaan harkat dan martabat manusia, dengan  
    membebaskannya dari belenggu  kebodohan, keterbelakangan dan ketidakadilan.
8. Ikut serta dalam perjuangan  menegakkan keadilan, menciptakan perdamaian dunia, dan
    menjaga keutuhan ciptaanNya.

TUJUAN SEKOLAH

Tujuan  SMP Tarakanita dirumuskan dengan mengacu pada visi dan misi sekolah dengan  lima perspektif , yaitu :
a. Customer Perspektif:
1. Peningkatan kualitas akademik
2. Peningkatan karakter Tarakanita
3. Peningkatan kualitas non akademik
4. Peningkatan kepuasan orang tua peserta didik
5. Peningkatan awareness/ kepercayaan orang tua dan calon peserta didik.

b. Environment perspective
1.  Peningkatan dan Implementasi budaya hidup KPKC ( Keadilan, Perdamaian dan Keutuhan
     CiptaanNya )
2.  Peningkatan kinerja pemberdayaan masyarakat

c.  Internal perspective :
1.  Peningkatan dan Implementasi desain kurikulum Standar Nasional Plus (Pendidikan Karakter
     Tarakanita, berwawasan global, dan berorientasi Teknologi Informasi dan Komunikasi
2.  Peningkatan dan Implementasi strategi & metode pembelajaran & pengembangan siswa, 
     melalaui
     Pembiasaan penggunaan  bahasa asing dalam pembelajaran.
     Experiential Learning
     Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi
     Pembelajaran berbasis Riset
3.  Peningkatan dan Implementasi keterlibatan orang tua dalam pembelajaran/kegiatan sekolah
4.  Optimalisasi penggunaan & Pengembangan sarana dan prasarana berwawasan lingkungan
5.  Peningkatan dan Implementasi Management Information System
6.  Peningkatan dan Implementasi strategi  kehumasan dan pemasaran
7.  Peningkatan Penjaminan mutu  yaitu Peningkatan kualitas standar pendidikan Tarakanita
     dan kualitas manajemen penyelenggara pendidikan Tarakanita.

d. Learning Growth Perspektif,
  1.  Peningkatan kapabilitas SDM
  2.  Pelaksanaan pengembangan  karakter SDM yang bersumber pada nilai-nilai ketarakanitaan  
       (Cc5, KPKC, Kedisiplinan, dan Kejujuran)

 e. Financial Persketif,
     Kebijakan keuangan didasari data customer intelligence sehingga lembaga semakin menjadi 
     school of choice. Tujuan yang akan dicapai :
     Peningkatan efektifitas , efisiensi , transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan.