Visi Misi dan Value
Visi Misi dan Value
Visi SMP Tarakanita Magelang
Yayasan Tarakanita, sebagai Yayasan Pendidikan Katolik yang dijiwai oleh semangat Kongregasi Suster-Suster Cinta Kasih St. Carolus Borromeus, bercita-cita menjadi penyelenggara karya pelayanan pendidikan yang dilandasi semangat cinta kasih dengan menekankan terbentuknya manusia dengan kepribadian yang utuh yang cerdas, berkompeten, beriman, berdaya juang,berbelarasa kepada sesama dan berwawasan kebangsaan serta peduli terhadap lingkungan alam ciptaanNya
Misi SMP Tarakanita Magelang
Dalam mewujudkan Visi tersebut Yayasan Tarakanita memiliki misi sebagai berikut :
1. Ambil bagian dalam misi pendidikan Gereja Katolik.
2. Menciptakan iklim religius dan suasana kasih yang membawa manusia pada sikap beriman,
berbakti, dan memuliakan Allah, serta hidupnya digerakkan oleh kasih Allah yang berbelarasa
terhadap sesama
3. Menciptakan iklim yang kondusif guna terselenggaranya proses pembelajaran yang
menyenangkan,aktif, kreatif, inovatif.
4. Mengupayakan terselenggaranya pendidikan religiositas dan pendidikan nilai yang membantu
peserta didik mengembangkan watak yang baik, sikap jujur, adil dan budi pekerti yang luhur.
5. Mengupayakan pencapaian dan peningkatan keunggulan akademik, kualitas pembelajaran
serta pelatihan peserta didik sehingga menjadi pribadi yang cerdas, mandiri, kreatif dan
terampil
6. Mengupayakan dan menjalankan fungsi integrasi bangsa dengan ikut memerangi berbagai
bentuk diskriminasi sosial dan menciptakan iklim yang mengembangkan semangat
persaudaraan sejati dalam masyarakat yang majemuk.
7. Ikut serta mengembangkan penghargaan harkat dan martabat manusia, dengan
membebaskannya dari belenggu kebodohan, keterbelakangan dan ketidakadilan.
8. Ikut serta dalam perjuangan menegakkan keadilan, menciptakan perdamaian dunia, dan
menjaga keutuhan ciptaanNya.
TUJUAN SEKOLAH
Tujuan SMP Tarakanita dirumuskan dengan mengacu pada visi dan misi sekolah dengan lima perspektif , yaitu :
a. Customer Perspektif:
1. Peningkatan kualitas akademik
2. Peningkatan karakter Tarakanita
3. Peningkatan kualitas non akademik
4. Peningkatan kepuasan orang tua peserta didik
5. Peningkatan awareness/ kepercayaan orang tua dan calon peserta didik.
b. Environment perspective
1. Peningkatan dan Implementasi budaya hidup KPKC ( Keadilan, Perdamaian dan Keutuhan
CiptaanNya )
2. Peningkatan kinerja pemberdayaan masyarakat
c. Internal perspective :
1. Peningkatan dan Implementasi desain kurikulum Standar Nasional Plus (Pendidikan Karakter
Tarakanita, berwawasan global, dan berorientasi Teknologi Informasi dan Komunikasi
2. Peningkatan dan Implementasi strategi & metode pembelajaran & pengembangan siswa,
melalaui
Pembiasaan penggunaan bahasa asing dalam pembelajaran.
Experiential Learning
Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi
Pembelajaran berbasis Riset
3. Peningkatan dan Implementasi keterlibatan orang tua dalam pembelajaran/kegiatan sekolah
4. Optimalisasi penggunaan & Pengembangan sarana dan prasarana berwawasan lingkungan
5. Peningkatan dan Implementasi Management Information System
6. Peningkatan dan Implementasi strategi kehumasan dan pemasaran
7. Peningkatan Penjaminan mutu yaitu Peningkatan kualitas standar pendidikan Tarakanita
dan kualitas manajemen penyelenggara pendidikan Tarakanita.
d. Learning Growth Perspektif,
1. Peningkatan kapabilitas SDM
2. Pelaksanaan pengembangan karakter SDM yang bersumber pada nilai-nilai ketarakanitaan
(Cc5, KPKC, Kedisiplinan, dan Kejujuran)
e. Financial Persketif,
Kebijakan keuangan didasari data customer intelligence sehingga lembaga semakin menjadi
school of choice. Tujuan yang akan dicapai :
Peningkatan efektifitas , efisiensi , transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan.