Article Detail
Yayasan Tarakanita Menyelenggarakan Workshop Strategi Pemasaran
TARAKANITA JAWA TENGAH - Yayasan Tarakanita Kantor Wilayah Jawa Tengah menyelenggarakan workshop Strategi Pemasaran yang dilaksanakan di SMA Tarakanita Magelang pada tanggal 22 sampai dengan 24 November 2012.
Dalam workshop yang diikuti oleh 29 peserta tersebut, ada beberapa pembicara yang dihadirkan, diantaranya Ambrosius Sigit Kristiantoro selaku Kepala Subbiro Kehumasan Yayasan Tarakanita Pusat Jakarta, M. Hari Atmoko selaku wartawan ANTARA Jawa Tengah dan Achmad Zaenal M. selaku pimpinan redaksi Antara wilayah Jawa Tengah.
Di hari pertama, Ambrosius Sigit Kristiantoro mengajak para peserta untuk memahami Bussiness Model Canvas (BMC), menganalisis survei kepuasan pelanggan Tarakanita dan melakukan Focus Group Discussion. Dalam Focus Group Discussion peserta dibagi menjadi 3 kelompok untuk mendiskusikan 3 topik yang berbeda, yaitu penerapan visi-misi dan nilai-nilai sekolah, hubungan sekolah dengan orang tua serta pengelolaan proses dan administrasi.
Hari kedua diawali dengan presentasi kelompok terhadap hasil diskusi yang telah dilaksanakan di hari sebelumnya. Selanjutnya, para peserta workshop diajak untuk melakukan observasi terhadap SMA Tarakanita Magelang. Pelaksanaan observasi lebih menitikberatkan pada Positioning, Branding, Differentiation serta Strategi pemasaran di SMA Tarakanita Magelang. Dalam observasi yang dilangsungkan secara berkelompok tersebut, para peserta melakukannya dengan teknik pengamatan secara langsung dan teknik wawancara.
Di hari terakhir, para peserta lebih banyak belajar tentang jurnalistik. Dengan panduan dari M. Hari Atmoko dan Achmad Zaenal M. Para peserta didik dilatih untuk membuat artikel dengan konsep-konsep yang sebelumnya telah dijelaskan terlebih dahulu.
Menurut Kabid Humas Tarakanita Kantor Wilayah Jawa Tengah, Bapak Forthian Anang Wintarto, Workshop ini diselenggarakan dengan tujuan agar para peserta mengetahui beberapa strategi pemasaran yang dapat diterapkan pada beberapa Unit karya Tarakanita khususnya di wilayah Jawa Tengah. "untuk mengetahui bagaimana kita memiliki sebuah strategi pemasaran sekolah" demikian papar Beliau.
Dalam workshop ini, SMP Tarakanita
Magelang mewakilkan 3 orang untuk mengikutinya, diantaranya Sr. Irinea CB, Agus
Sutarto, S.Pd dan Binyamin Widi Prasetya, S.Kom. Kedepan, diharapkan para wakil
tersebut dapat menularkan materi yang diperoleh ke seluruh guru dan karyawan
SMP Tarakanita Magelang. (Bin)
-
there are no comments yet