Article Detail

Mengenal Sekolah Lebih Dalam Melalui Kegiatan MOS

Derap langkah tunas muda Tarakanita

Membina watak bakti pada Pertiwi

Halau rintang yang menghadang demi cita-cita

Tuntut ilmu tuk masa depan Indonesia sejahtera

...

Itulah syair dari lagu Mars SMP Tarakanita Magelang yang dinyanyikan pada saat Upacara Pembukaan Masa Orientasi Siswa Tahun Pelajaran 2013-2014 SMP Tarakanita Magelang.

Seperti halnya sekolah-sekolah lainnya, Senin, 15 Juli 2013 merupakan hari pertama siswa masuk sekolah. Tentunya ini juga menjadi hari pertama pula bagi siswa baru kelas I,VII, dan X.

Memasuki lingkungan baru dibutuhkan pengenalan segala hal yang berkaitan dengan tempat baru tersebut. Demikian pula siswa kelas VII SMP Tarakanita, yang juga merupakan warga baru di SMP Tarakanita, perlu untuk mengenal seluk-beluk SMP Tarakanita lebih dalam lagi. Hal ini bertujuan agar siswa kelas VII dapat segera menyesuaikan diri  sehingga proses pembelajaran berlangsung dengan baik dan lancar sesuai dengan harapan siswa, orang tua, dan sekolah.

MOS SMP Tarakanita dilaksanakan selama empat hari, yaitu hari Senin s.d Rabu, 15 – 17 Juli 2013 dan hari Sabtu, 20 Juli 2013.

Materi yang diberikan kepada peserta MOS meliputi Visi dan Misi SMP Tarakanita, Nilai-nilai Ketarakanitaan, Tata Krama dan Budi Pekerti, Wawasan Wiyata Mandala, dan Kurikulum Sekolah.

Selain dengan metode ceramah, pemberian materi juga disampaikan melalui dinamika kelompok yang di dalamnya melibatkan anggota OSIS SMP Tarakanita. Untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan, peserta MOS juga diajak untuk bersih lingkungan dan penanaman tanaman hias di lingkungan sekolah dan sekitarnya.

Acara MOS diakhiri dengan aktualisasi seni dari masing-masing kelompok dengan tujuan untuk melatih dan mengembangkan kreativitas, kekompakan dan kerja sama, serta keberanian tampil di depan umum.

Akhirnya, dengan semangat “Satu Hati ,Satu Semangat Tarakanita, Yes!” mari kita raih mimpi-mimpi kita bersama.

Dra. C. Sri Rahayu Tri Haryati

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment